Follow Me @aoifideco

@aoifideco

Selasa, 11 April 2017

How to Having Devotional Time?

Guten Abend!! :) Hayo, siapa di sini yang masih rajin having devotional time  (a. k. a. saat teduh (SaTe)) sama Bible Reading (BR)? (Lah, nongol-nongol udah kasih pertanyaan maut :p)


Eh, dua-duanya nggak dijalanin? ._. SaTe-nya juga? ._. Waaa... Padahal dua-duanya itu penting lho. Bukan cuma penting lagi. Tapi kita butuh itu buat disiplin rohani kita! :B (meringis.com) Nah, mungkin ada yang tanya, "Gimana sih, caranya SaTe sama BR yang efektif?" "Gimana sih, biar kalo baca Alkitab itu nggak spaneng?" "Boleh nggak, kalo cuma baca ayat sama renungannya langsung? Jadi nggak baca Alkitab?". Okeee.. yuk, kita bahas satu-satu :)


--**--


((Oya. Daripada baca post yang ini kepanjangan, aku kasih link khusus buat yang BR :p (buka sini)))


Ini contohnya :)
1. Yang pertama, kalo mau SaTe itu harus punya waktu yang pasti. Tentukan waktu. Jangan kasih Tuhan waktu sisa. "Menyisakan dan menyisihkan itu berbeda," kata Radith di Honey, I'm Coming Home (hualah malah bahas cerita wkwk). Kalo aku pribadi, aku pilih pagi hari sih. Jadi abis bangun tidur langsung SaTe. Tapi kalo hari Sabtu, aku pilih bareng sama temen-temen di gereja (walopun kadang nggak dateng buat persekutuan doa -.- huhu ampunn). Yaaa... yang jelas, setiap harinya kita kudu bersaat teduh, karena SaTe itu penting banget. Tanpa SaTe, kehidupan kita bakal jadi garing. Sekarang mungkin nggak kerasa, tapi lama kelamaan bakal kerasa gitu.


Pertama kali bikin rhema SaTe model
ginian wkwk. Btw, sumber ide gambar
kedua dari Ghost* Comics lol
2. Yang kedua, berdoalah! Minta hikmat dari Tuhan tentang apa yang hendak Dia sampaikan ke kita hari itu. FYI, rhema satu orang bisa beda sama yang lain. Jadi nggak perlu takut :) Tapi yaa.. kalo waktu persekutuan doa dan salah bahan bacaan kan, yaa malu.... :p


3. Yang ketiga, catet apa yang kamu dapet. Aku dulu waktu komit SaTe dan nulis rhema-nya dapet apa, itu aku tulis di buku. Awal-awal mah semangat '45. Ehhh, lama-kelamaan ngglontor :p Kagak ditulis lagi. Yaaa.. sebenernya sih, nggak ada ketetapan buat nulis ato nggak. Tapi aku pribadi ngrasa lebih dapet feel SaTe kalo ditulis :) Dan ntar kalo buka-buka bukunya lagi, aku bisa temuin lagi janji-janji Tuhan yang ada di situ.

Awalnya aku nulis pake sistem SOAP (mirip sama yang di BR. Baca link yang kukasih di atas). Tapi lama-kelamaan rasanya bosen #eh -.-" Butuh yang lebih unyu dan gemesin daripada SOAP mulu (butuh banyak metode haha). Yaaa... bagus sih, kalo pake SOAP. Tapi akunya yang nggak puas .-. huahaha... kaya' pengen gambar-gambar unyu gituu. Huahahaha... jadi begitulah. Akhirnya aku putusin buat bikin gambar-gambar unyu di rhema SaTe-ku.
Untuk ilustrasi, di sini aku ambil idenya dari
ilustrasi renungan, yaitu tentang stroberi yang
dilempar ke tembok rumah si penulis





4. Keempat, kembangkan kreativitasmu! Yapp, selama rhema yang kamu dapet emang sesuai sama firman Tuhan. Misal, Tuhan bilang kalo kita nggak boleh mencuri. Ya gambarlah maling yang dikasih tanda silang. Huehehe.. Contohnya ada di atas yaa.





Kadang juga kutulisin siapa yang ngomong kalimat
di ayatnya
5. Terakhir, berdoa minta tuntunan Tuhan untuk melakukan apa yang Dia mau. Yap, sebagai anak-anak Tuhan, tentu ada tugas yang harus kita kerjakan, yaitu untuk menyenangkan hati-Nya. So, setelah baca, renungkan, dan catat rhema yang udah kita dapet, berdoalah untuk minta tuntunan Tuhan buat melakukan rhema yang udah kita dapet :) Dan jangan lupaa, abis itu dilakuin yaa! Huahahaha.. apalah guna tulisan rhema di buku yang udah dibikin unyu itu, kalo pada akhirnya nggak dilakuin #eh :p



Btw, aku nggak mewajibkan kalian untuk menggunakan metode ini, yaa. Setiap orang punya metodenya masing-masing. Ada yang emang suka baca sambil dengerin lagu (atau dengerin Bible audio), ada juga yang suka kasih gambar dan coret di sana-sini (termasuk aku, yang emang doyan merangsang visual sense). Well... I hope this methode will help you! :) Selamat bersaat teduh dengan cara yang menyenangkan (? hehe) yaaa :) Karena firman-Nya sanggup untuk menyembuhkan, menegur, mengarahkan, dan membentuk kita untuk jadi semakin serupa dengan Kristus.





NB: mungkin suatu saat aku bisa terima jasa ilustrasi unyu-unyu gini? Huahaha :p Tergantung Tuhanlah yaa, mau-Nya gimana hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar